Diagram Sistem Pneumatik

Diagram Sistim Pneumatik

Penentuan Label Komponen

Terdapat dua jenis penentuan label kompoenen untuk menandai suatu komponen didalam diagram sistim pneumatik.

  1. Penentuan label dengan menggunakan angka

  2. Penentuan label dengan menggunakan huruf

Penggolongan Grup

Grup 0: diberikan kepada semua elemen-elemen sumber energi
Grup 1, 2, 3, … dialokasikan untuk rangakain kendali tunggal misalnya silinder.

pneumatik_fig8

Gambar 8. Contoh Diagram Sistim Pneumatik

Penentuan Label Komponen

Terdapat dua jenis penentuan label kompoenen untuk menandai suatu komponen didalam diagram sistim pneumatik.

  1. Penentuan label dengan menggunakan angka

  2. Penentuan label dengan menggunakan huruf

Penggolongan Grup

Grup 0: diberikan kepada semua elemen-elemen sumber energi

Grup 1, 2, 3, … dialokasikan untuk rangakain kendali tunggal misalnya silinder.

Label dengan Menggunakan Nomor

0Z1, 0Z2, dst

Unit sumber tenaga udara bertekanan

1A, 2A, dst

Komponen tenaga/daya

1V1, 1V2, dst

Elemen kendali

1S1, 1S2, dst

Elemen-elemen masukan (katup yang diaktifkan secara mekanis atau secara manual)

Label dengan Menggunakan Huruf

1A, 2A, dst

Komponen tenaga/daya

1S1, 2S1, dst

Saklar pembatas yang diaktifkan pada gerakan mundur silinder 1A, 2A (ditempatkan di bagian awal jarak langkah silinder)

1S2, 2S2, dst

Saklar pembatas yang diaktifkan pada gerakan maju silinder 1A, 2A (ditempatkan di akhir jarak langkah silinder)

Gambar 8 menunjukkan pemberian angka-angka untuk pelabelan didalam suatu diagram pneumatik. Bagian bawah dari Gambar 8 menunjukan susunan untuk elemen pemasok tenaga udara bertekanan dengan nomor 0.1. Selanjutnya dua elemen input (tombol tekan) diberi label 1.2 dan 1.4. Komponen dengan label 1.3 adalah saklar roller yang dimanfaatkan sebagai sensor untuk mengindera keberadaan poros piston pada silider pneumatik.

Komponen dengan label 1.6 bekerja sebagai pengolah sinyal (signal processor) Hasil pengolahan sinyal dikirmkan melalui komponen dengan label 1.1 ke actuator (silinder pneumatik) dengan label 1.0. Komponen dengan label 1.1 merupakan elemen kendali akhir yang berupa katup kendali arah dengan 5 saluran (ports) masukan dan memiliki dua arah gerak. Sinyal hasil olahan pengolah sinyal diterima oleh komponen dengan label 1.0 dan sebagai hasilnya poros silinder pneumatik bergerak ke arah posisi sensor dengan label 1.3.

pneumatik_fig9

Gambar 9. Simbol-Simbol untuk Komponen Transmisi Udara Bertekanan

Terakhir diperbaharui: Monday, 30 March 2020, 11:57